Primata Langka Di Indonesia

Info Galau Poker-Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna.Salah satu jenis fauna yang banyak ditemukan adalah primata.Diperkirakan ada 200 jenis primata di dunia,dari jumlah itu 40 jenis atau hampir 25 persen  berada di Indonesia.Mungkin beberapa dari Anda,hanya mengenal Orangutan sebagai primata endemik (asli) Indonesia,padahal masih ada primata lainnya yang berasal dari Indonesia.

Primata Langka Di Indonesia

Orangutan
Orangutan merupakan sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan.Orang utan mencakup dua sub-spesies,yakni Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus).Orangutan memiliki kekerabatan dekat dengan manusia,dimana tingkat kesamaan DNA sebesar 96.4%.Telapak tangan mereka mempunyai 4 jari-jari panjang ditambah 1 ibu jari.Telapak kaki mereka juga memiliki susunan jari-jemari yang sangat mirip dengan manusia. Sayang nya hewan ini mulai punah karena perburuan liar dan habitatnya mulai berkurang.Itulah kenapa hewan ini termasuk hewan yang dilindungi.

Primata Langka Di Indonesia

Tarsius
Agen Poker-Primata kecil ini sering disebut sebagai monyet terkecil di dunia,meskipun satwa ini bukan monyet.Sedikitnya terdapat 9 jenis Tarsius yang ada di dunia.2 jenis berada di Filipina sedangkan sisanya,7 jenis terdapat di Sulawesi Indonesia.Yang paling dikenal adalah dua jenis yang terdapat di Indonesia yaitu Tarsius tarsier dan Tarsius pumilus.Kesemua jenis tarsius termasuk binatang langka dan dilindungi di Indonesia.Tarsius memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan berat sekitar 80 gram. Bahkan Tarsius pumilus atau Pygmy tersier yang merupakan jenis tarsius terkecil hanya memiliki panjang tubuh antara 93-98 milimeter dan berat 57 gram.

Primata Langka Di Indonesia

Kedih
Dibanding beberapa primata lain,Kedih kurang dikenal.Kendati demikian,Kedih sudah memiliki banyak nama panggilan asing.seperti North Sumatran Leaf Monkey,Sumatran Grizzled Langur, Thomas’s Langur,Thomas’s Langur,ataupun Thomas’s Leaf Monkey.Kedih awalnya ditemukan di bagian utara Sumatra dan Aceh,di dekat Sungai Simpangkiri dan Wampu.Kedih memiliki warna bulu perpaduan hitam-putih dan ekspresi tenang terkadang nyaris melankolis.Sama seperti kasus spesies lain yang terancam punah di Sumatera,Kedih juga terancam karena hilangnya habitat yang dikonversi jadi ladang sawit atau penebangan liar.

Primata Langka Di Indonesia

Lutung Jawa
Bandar Ceme-Lutung Jawa,dalam bahasa latin disebut Trachypithecus auratus merupakan salah satu jenis Lutung endemik Indonesia.Sebagaimana spesies Lutung lainnya,Lutung Jawa mem punyai ukuran tubuh yang kecil,sekitar 55 cm,dengan ekor yang panjangnya mencapai 80 cm.Bulu Lutung Jawa berwarna hitam dan Lutung betina memiliki bulu berwana keperakan di sekitar kelaminnya. Lutung Jawa muda memiliki bulu yang berwarna oranye.Lutung Jawa hidup secara berkelompok. Tiap kelompok terdiri sekitar 7 – 20 ekor Lutung dengan seekor jantan sebagai pemimpin kelompok dan beberapa Lutung betina dewasa.

Primata Langka Di Indonesia

Owa Jawa
Owa Jawa (Hylobates moloch) merupakan spesies kera kecil tanpa ekor dengan rambut berwarna abu-abu.Hewan ini memiliki tubuh kecil langsing dibanding jenis kera lainnya,gera kannya pun gesit membuat Owa Jawa terlihat genit.Sayangnya,Owa Jawa termasuk hewan yang mulai langka dan nyaris punah.Hewan ini termasuk kera pohon sejati,karena hampir sepanjang hidupnya primata ini tidak pernah turun dari atas pohon.Uniknya,meski dikenal sebagai raja pohon,Owa Jawa justru termasuk kera yang berjalan dengan tegak alias tidak menggunakan keempat tangan dan kakinya, melainkan mengandalkan kedua kakinya untuk berjalan.

Primata Langka Di Indonesia

Yaki
Agen Poker Online Uang Asli-Hewan ini dapat ditemukan di Sulawesi bagian utara dan beberapa pulau di sekitarnya.Yaki memiliki bulu berwarna hitam dan memiliki jambul di ke palanya.Tingginya sekitar 44-60 sentimeter,berat badannya sekitar 7-15 kilogram.Makanan sehari-harinya adalah berbagai bagian tumbuhan,seperti daun,pucuk daun,biji,bunga,umbi,dan buah.Ia juga memakan beberapa jenis serangga,moluska,invertebrata kecil,bahkan ular.Hewan ini terancam punah karena ulah warga lokal yang memburu Yaki untuk disantap.Selain menjadi santapan,Yaki juga diperdagang kan di sejumlah pasar di Minahasa dan Tomohon.

Primata Langka Di Indonesia

Kukang
Berdasarkan ekologi dan persebarannya,terdapat tiga spesies kukang di Indonesia yaitu Kukang Jawa (Nycticebus javanicus),Kukang Sumatera (Nycticebus coucang),dan Kukang Kalimantan (Nycticebus menagensis).Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membedakan ketiga jenis tersebut. Pertama,dari berat badan.Kukang Jawa beratnya sekitar 900 gram,sementara Kukang Sumatera sekitar 700 gram,dan Kukang Kalimantan kira-kira 600 gram.Kedua,berdasarkan cirinya.Kukang Jawa memiliki punuk terang yang lebih indah bila dibandingkan dengan Kukang Sumatera dan Kalimantan yang berwarna coklat keabu-abuan.Dari ketiga jenis Kukang tersebut, Kukang Jawa termasuk hewan yang terancam punah.