Segudang Manfaat Didalam Buah Delima


Segudang Manfaat Didalam Buah Delima

Galau Info, Sehat - Buah delima memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, kandungan utamanya antara lain alkaloid pelletierene, granatin, betulic, acid, Ursolic acid, Isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalatdan juga pati yang terdapat pada kulit buah delima.  Buah delima yang mempunyai nama ilmiah Punica Granatumini adalah sejenis tanaman buah - buahan yang mampu tumbuh sampai ketinggian 5-8 meter.

Kandungan antioksidan dalam satu gelas sari buah delima lebih banyak dibandingkan satu gelas teh hijau, jus jeruk, atau anggur merah. Itulah mengapa saat sekarang ini sedang marak penjualan sekaligus pengonsumsian sari buah delima di negara - negara eropa, terlebih lagi Amerika.


Selain buah, hampir semua bagian tanaman juga bermanfaat sebagai obat. Dari mulai akar, biji, daun bunga hingga kulit pohonnya dan berikut ini ada beberapa contoh manfaat buah delima yang digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya adalah : 

1. Menurunkan Kolesterol

Antioksidan yang terdapat pada buah ini dapat menurunkan kadar LDL dan juga dapat meningkatkan HDL seseorang. 

2. Mencegah dan mengobati kanker

Buah delima memiliki khasiat untuk mencegah dan juga untuk mengobati berbagai jenis kanker. sebuah studi menunjukkan bahwa sari buah delima dapat menghancurkan sel sel kanker payudara sementara membiarkan sel sel sehat. Buah delima juga dapat mencegah pembentukan sel kanker payudara. Ekstrak dari biji delima terfermentasi yang kaya polifenol mempromosikan pemulihan sel sel leukimia kembali menjadi normal. 

3.  Sebagai anti - inflamasi

Kandungan antioksidan yang tinggi terdapat pada buah ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

4. Melindungi Jantung

Jus delima dapat menghalangi terjadinya pengerasan arteri dan semua penyakit yang berhubungan dengan stroke serta serangan jantung. 

 Segudang Manfaat Didalam Buah Delima

5. Menurunkan Tekanan Darah

Dengan mengkonsumsi 1,7 ons buah ini per hari nya akan dapat menurunkan sebanyak 5%tekanan darah sistolik

6. Melindungi otak bayi 

Selama pada masa kehamilan seseorang secara teratur mengkonsumsi jus delima maka akan dapat melindungi otak bayi setelah terjadinya persalinan traumatik.

7. Membiarkan kulit awet muda 

seperti yang sudah diketahui bahwa buah delima mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi yang menjadikan dirinya sangat banyak menawarkan manfaat, khususnya bagi kulit, kandungan antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas serta memperbaiki jaringan atau sel sel tubuh yang rusak, sehingga dapat membuat kulit tetap sehat dan awet muda. 

8. Memperbaiki dan juga melindungi hati

Telah terbit hasil penelitian dalam jurnal Toksikologi dan industri kesehatan yang memaparkan bahwa sari buah delima yang dikonsumsi secara teratur dapat melindungi hati dan melakukan regenerasi setelah terjadi kerusakan.