Misteri Candi Borobudur

Info Galau Poker-Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang terletak di Indonesia. Hampir semua orang mengenal bangunan artistik yang satu ini.

Candi Borobudur ini dibangun pada masa Dinasti Syailendra dan memiliki bentuk yang sangat unik. Nama Borobudur sendiri memiliki gabungan dari Boro dan Budur.

Boro memiliki arti kuil dan Budur berarti diatas bukit,berasal dari kata Beduhur.Ada yang mengata-kan bahwa misteri Candi Borobudur adalah replika dari alam semesta.

AGEN POKER-Untuk mengelilinginya,wisatawan harus patuh dan melakukan Pradasikna atau ber- jalan dari arah kanan.Pradasikna ini memiliki artian untuk memberi penghormatan kepada arwah dan roh leluhur.

Candi Borobudur memiliki 3 bagian,yaitu Kamadhatu,Rupadhatu dan Arupadhatu.

Kamadhatu diartikan sebagai alam kehidupan manusia yang sudah bisa mengendalikan hawa nafsu. Rupadhatu menggambarkan manusia yang masih terikat oleh bentuk,sedangkan Arupadhatu meng-gambarkan nirwana atau surga.

BANDAR POKER UANG ASLI-Dibalik cantik dan indahnya bangunan Candi Borobudur masih ada banyak misteri yang belum di ketahui ujungnya.

Misteri Candi Borobudur

Misteri Candi Borobudur


Bagaimana Borobudur Dibangun?
BANDAR SUPER10-Yang pertama adalah saat pembangunan Candi Borobudur.
Secara nalar manusia,jaman dulu tentu masih belum ada teknik pembangunan yang canggih.Namun bagaimana bisa Candi Borobudur terbangun dengan amat megah dan tinggi tanpa pondasi?Banyak ahli arkeolog yang mengatakan bahwa butuh setidaknya 100 tahun untuk membangun Candi Borobudur ini.

Patung Yang Belum Selesai
Yang kedua adalah patung Sang Buddha yang sampai sekarang belum terselesaikan.Sekarang ini,para wisatawan bisa melihat patung ini di Museum Karmawibhangga.Tampilan luar patung ini benar-benar tidak selesai,masih ada beberapa bagian yang kosong seperti tangan yang masih kotak.

Jari yang tidak berbentuk dan rambut Sang Buddha yang belum selesai.Tidak ada yang tahu mengapa patung ini tidak diselesaikan,namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa sifat Sang Buddha adalah sunyata atau ketiadaan sehingga memang sudah seharusnya dibiarkan kosong.

Siapa Arsitek Borobudur?
Selanjutnya adalah siapakah arsitek dari Candi Borobudur.
Banyak sumber yang mengatakan bahwa Gunadharma adalah arsitek dari bangunan yang megah ini.

Gunadharma sendiri adalah tokoh yang konon memiliki kecerdasan yang amat tinggi.Tidak sampai disitu,bahkan ada yang mengatakan bahwa Gunadharma telah menjelma menjadi Gunung Menoreh yang ada di dekat Candi Borobudur.Hal ini diperkuat oleh pemandangan Gunung Menoreh yang dari kejauhan tampak seperti orang yang sedang berbaring.

Pengabul Doa
Yang keempat adalah Kunto Bimo.Saat sedang bepergian menuju Candi Borobudur,banyak wisatawan yang memasukkan tangannya ke dinding stupa.Aktivitas itulah yang disebut dengan Kunto Bimo.

Konon,bila berhasil menyentuh arca bagian dalam keinginannya akan terkabul.Asal nama Kunto Bimo adalah patung Buddha dalam Dharmachakra. Untuk seorang lelaki,baik menyentuh stupa dengan jari kelingking atau jari manisSedangkan untuk wanita disarankan menggunakan bagian jari kaki.Jarang ada yang bisa melakukan Kunto Bimo ini.

Borobudur Pernah Hilang
Misteri selanjutnya adalah pernah hilang.Candi Borobudur sempat dinyatakan tertimbun letusan Gunung Merapi sehingga tidak ditemukan lagi.

Namun,tiba-tiba ada yang menemukan bangunan Candi Borobudur ada di dalam hutan tropis yang berbentuk perbukitan tanah.Saat itu,pemerintahan Indonesia masih dipegang oleh Raffles dari Inggris yang sedang menduduki jawa.

Kemana Borobudur Menghadap?
Misteri keenam adalah bentuknya yang tidak berkiblat kemanapun.
Candi Borobudur ini tidak memliki arah utama seperti kebanyakan candi Buddha yang lain.Hal ini membuat Candi Borobudur sulit diketahui mana bagian utama atau bagian depan dari candi.

Ada Relief UFO di Candi
Yang ketujuh adalah relief UFO yang ada di dinding candi.
Tidak banyak yang tahu dimana persisnya relief UFO ini,namun banyak orang yang menyimpulkan bahwa relief UFO ini dikarenakan adanya kontak dengan makhluk asing pada saat pembangunan candi.

Misteri Candi Borobudur Adalah Jam Raksasa
Selanjutnya adalah jam raksasa.
Siapa sangka bahwa ternyata Candi Borobudur bisa digunakan sebagai penunjuk waktu?Ada alasan yang bisa menjelaskan teori ini.

Candi Borobudur memiliki 72 stupa berbentuk lonceng terbalik.
Stupa terbesar tentu ada di lantai paling atas.
Jarum jam akan muncul ketika matahari menyinari stupa terbesar.
Jam raksasa ini hanya bisa disaksikan dari bagian atas candi.

Candi Menjadi Penunjuk Arah
Selain jam raksasa,Candi Borobudur juga penunjuk arah yang sangat tepat.
Matahari tidak terbit pas di arah timur,namun bagian Candi Borobudur memiliki derajat yang pas dengan arah timur sehingga tidak diragukan lagi bahwa itu adalah arah yang tepat.

Dikelilingi Danau Air Asing
Selanjutnya adalah danau purba.
Menurut penelitian beberapa arkeolog,dahulunya di sekitar Candi Borobudur terdapat danau yang mengelilingi.

Hal ini dipertegas dengan munculnya titik sumber air asin di sekitar Candi Borobudur.
Hal ini cukup masuk akal karena bentuk dari Candi Borobudur juga hampir menyerupai bunga teratai.Itulah beberapa misteri Candi Borobudur yang belum terungkap.

Tidak ada yang tahu secara persis bagaimana kepastian cerita yang tersebar.
Hanya beberapa misteri saja yang saat ini sudah bisa dibuktikan dengan nalar dan akal sehat.
Yang tidak,tentunya hanya Tuhan dan orang yang hidup di masa itu yang tahu kebenarannya