Makanan Khas Sunda Terenak

Info Galau Poker-Membicarakan menganai makanan Khas Suku Sunda ini,sudah pasti sahabat langsung berfikir tentang rasa yang manis.Padahal,Kuliner yang berasal dari Tanah Sunda ini tidak hanya dikuasai oleh cita rasa yang manis saja,tetapi juga ada cita rasa lain seperti Gurih Asin,Asam Segar dan Pedas Menggigit.

Makanan Khas Sunda ternyata Sahabat sudah mempunyai banyak penggemar di seluruh Indonesia, terutama untuk Masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa.Kebanyakan Kuliner yang berasal dari Tanah Sunda terbuat dari bahan dasar sayuran.Jika penasaran dan ingin tau makanannya apa saja,kita bahas berasama .

Makanan Khas Sunda Terenak

Nasi Timbel

Agen Poker-Yang pertama yang kita bahas adalah Nasi Timbel.Nasi Timbel termasuk makanan yang di Kenal di Tanah Air ini.Tapi Nasi Timbel itu berasal dari mana? Nasi Timbel adalah makanan khas Sunda yang mempunyai cita rasa yang kuat dan unik Sahabat,Nasi Timbel mempunyai banyak macam versi sehingga banyak orang yang kadang bingung ingin mencoba Nasi Timbel yang mana.

Pada awalnya,Nasi Timbel ini adalah hidangan yang disiapkan untuk para petani untuk dimakan disaat beristirahat.Tetapi,sekarang Nasi Timbel disajikan untuk semua orang.Penyajian pada ikon dari masakan Sunda ini biasanya Sahabat didalam Daun Pisang.Di warung-warung makan,Nasi Timbel juga disajikan menggunakan wadah umum seperti piring.

Game Capsa-Ada berbagai lauk yang disajikan Sahabat dalam Nasi Timbel yang pulen ini Antara lain seperti ikan asin,pepes ikan,ampela,ayam goring,tawes dan japuh.Tidak lupa juga untuk menambah kesedapan makanan ditambahkan juga lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisional.Selamat untuk mencoba untuk merasakannya.

Makanan Khas Sunda Terenak

Nasi Liwet

Makanan Khas Suku yang kedua yaitu Nasi Liwet.Selain Nasi Timbel,Suku Sunda juga punya makanan Khas yang terkenal di banyak Kota-Kota di Indonesia.Makanan tersebut adalah Nasi Liwet yang sudah tidak asing lagi di lidah Masyarakat Indonesia.

Nasi Liwet mempunyai dua versi.Versi pertama berasal dari Solo,sedangkan versi ke dua berasal dari Sunda.Ada perbedaaan dari kedua versi Nasi Liwet.Di Solo,Nasi Liwet dibuat dengan santan dan dihidangkan bersama labu siam yang dimasak dengan santan.Sedangkan di Sunda tidak menggunakan santan dalam proses pemasakannya.

Agen Poker Online Uang Asli-Nasi Liwet Khas Sunda ini mempunyai cita rasa yang gurih Sahabat meskipun tidak menggunakan santan.Rasa gurih yang dimiliki oleh Nasi Liwet diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah Khas Indonesia seperti batang serai,cabai rawit,bawang merah,bawang putih,jambal roti,daun kemangi dan daun salam.Nasi Liwet umumnya disantap bersama ikan asin sebagai menu pelengkapnya.Sebagian orang juga menyantap Nasi Liwet dengan sayur asem,ikan bakar ataupun gorengan tahu tempe sahabat.

Makanan Khas Sunda Terenak

Nasi Tutug Oncom

Selanjutnya adalah Nasi Tutuk Oncom.Dari namanya saja makanan yang satu ini membuat penasaran ya Sahabat,oke langsung saja kita bahas makanan yang satu ini.

Makanan Khas Sunda yang satu ini sudah pasti beraroma tradisional.Nasi Tutuk Oncom atau orang Sunda menyebutnya dengan Sangu Tutug Oncom,yang disingkat dengan T.O,Adalah sajian Nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar.Nasi Tutuk Oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat.Di Jakarta dan Kota-Kota lain, ada cukup banyak warung makan khusus menyajikan Nasi Tutuk Oncom ini dan banyak berbagai variasi lauk pauk.

Nasi Tutuk Oncom ini sebetulnya adalah makanan Khas Tasikmalaya.Makanan ini dinamakan tutug karena dalam bahasa Sunda mempunyai arti menumbuk.Jadi proses mengaduk dan menumbuk Nasi dengan Oncom bisa disajikan bersama dengan lauk pendamping seperti tahu goreng,tempe goreng,ayam goreng,lalapan sayur dan sambal terasi.

Makanan Khas Sunda Terenak

Karedok

Yang selanjutnya adalah Karedok,pasti sudah tidak asing lagi ya ditelinga kita,langsung kita bahas saja.

Di Jakarta,banyak sekali penjual karedok.Karena hal tersebut banyak orang mengira kalau Keredok adalah makanan Khas Betawi,padahal bukan.Keredok adalah makanan Khas Sunda yang mempunyai kemiripan dengan gado-gado.Keredok menyajikan berbagai banyak sayuran sahabat dan dilengkapi dengan saus kacang tanah dengan kepedasanyang bisa menggugah selera.

Sayuran–sayuran yang digunakan untuk membuat Keredok cukup beragam,seperti timun,toge, kacang-kacangan,terong hijau kecil,kubis,basil dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa di tambahkan sesuai selera pembuatnya,ada perbedaan antara gado-gado dengan Keredok.Keredok itu memakai sayuran yang masih mentah. Di Sunda,Orang juga menyebut Keredok dengan nama Lotek Atah yang berarti Lotek Mentah.Keredok paling enak disantap bersama dengan nasi panas,tempe ,tahu dan kerupuk.

Makanan Khas Sunda Terenak

Lotek

Makanan Khas Sunda selanjutnya adalah Lotek.Lotek dan Keredok adalah makana khas Sunda yang juga mirip dengan gado-gado milik Jakarta Sahabat.Tetapi kalau berdasarkan tampilan dan bahan pembuatannya,Lotek lebih cenderung mirip dengan pecel Khas Jawa.Di Sunda,Lotek menjadi makanan yang digemari banyak masyarakat.Kalau berwisata ke Jawa Barat,jangan sampai melupakan makanan yang satu ini untuk mencoba dan menyicipinya.

Lotek sendiri juga menggunakan sayur mayur yang tak jauh berbeda dengan gado-gado,seperti kangkung, kembang kol dan toge.Sayur mayur yang telah dicacah akan disiram dengan bumbu kacang yang ditambahkan dengan ketang rebus yang sudah ditumbuk dan kecur sehingga membuat rasanya menjadi lebih unik.Lotek biasanya dihidangkan bersama potongan lontong dan menu pelengkap yaitu kerupuk udang.

Makanan Khas Sunda Terenak

Sayur Asem

Makanan Khas Sunda selanjutnya adalah Sayur Asem.

Sayur Asem adalah sayurannya orang Indonesia.Banyak masyarakat Indonesia menyukai Sayur Asem ini.Sayur Asem adalah makanan Khas Suku Sunda yang memiliki berbagai variasi local,semisal di Jakarta ada Sayur Asem Betawi,atau di beberapa daerah lain juga ada variasi Sayur Asem kangkung.Untuk mengetahui mengapa makanan ini dinamakan Sayur Asem yaitu karena menggunakan asam Jawa untuk memberikan cita rasa asam pada kuahnya.

Sayur Asam dibuat dengan menggunakan berbagai sayuran yang mudah ditemukan didataran tanah air Indonesia Sahabat.Adapun Sayuran-Sayuran tersebut antara lain labu siam,jagung,kacang panjang,nangka muda, belimbing sayur,melinjo,dan kacang tanah.Makanan tradisional Khas Sunda ini Sahabat mempunyai rasa asam yang menyegarkan.Sayur Asem sangat nikmat jika disajikan bersama nasi hangat dan lauk pendamping seperti ikan goreng asin dan lalapan serta sambal.

Makanan Khas Sunda Terenak

Tumis Genjer Oncom

Selanjutnya adalah Tumis Genjer Oncom Sahabat

Untuk mereka yang tinggal di tanah Jawa,tak jarang mendengar orang ngebanyol dengan lontaran pertanyaan, “Mabuk genjer ya?”.Untuk segelintir orang yang mendengarkan pertanyaan tersebut pasti mengira kalau genjer adalah sesuatu makanan yang bisa bikin seseorang mabuk.Padahal,Genjer adalah bahan makanan yang enak dan menyehatkan.Di Sunda,ada satu olahan makanan yang menggunakan Genjer.Nama makanan tersebut adalah Tumis Genjer Oncom.

Makanan Khas Sunda ini merupakan kuliner tradisional yang banyak disajikan di warung–warung makanan Khas Sunda.Oncom adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini.Cita rasa oncom yang nikmat dipandukan dengan rasa manis pedas dan genjer atau paku rawan yang mempunyai kontur lunak tapi renyah saat digigit.Pada tiap sajian Tumis Genjer Oncom terdapat banyak kandungan serat sahabat.Jadi selain nikmat,makanan ini juga menyehatkan.

Makanan Khas Sunda Terenak

Pepes Ikan

Selanjutnya adalah pepes ikan.Banyak orang mengira kalau pepes adalah nama makanan. Padahal,pepes merupakan teknik memasak yang banyak dijumpai di Daerah Indonesia.Di Tanah Sunda,Pepes dikenal dengan sebutan pais.Pepes atau Pais pada dasarnya adalah sajian yang dibungkus menggunakan daun pisang yang dikukus atau dibakar hingga matang.Adapun menu utama yang disajikan bisa berupa ikan,tahu,jamur dan kreasi bahan lainnya

Di Sunda,ada berbagai macam jenis pepes.Mulai dari pepes ayam,pepes daging sapi,pepes ikan asin,pepes teri,pepes jamur,pepes telur asin,pepes tahu dan masih banyak lagi ada didataran tanah Sunda dan sekitarnya.Makanan Khas Sunda ini berbentuk tradisional dari bumbu dan rempah-rempah pilihan yang diolah dengan cara dirajang atau dihaluskan.Pepes Sahabat paling enak jika dihidangkan bersama dengan nasi hangat dan sayur asem.Silakan mencoba dirumah ya.

Makanan Khas Sunda Terenak

Bakakak Hayam

Makanan Khas Sunda yang selanjutnya adalah Bakakak Ayam.Bakakak Hayam adalah menu masakan ungulan yang mudah dijumpai di Tanah Sunda.Sebagian orang mungkin menganggap nama makanan ini lucu dan unik,terutama mereka yang baru pertama kali mendengar nama makanan ini.Tapi mau diapakan juga,memang begituhlah namanya.Jika belum permah mencoba makanan ini setidaknya satu kali seumur hidup harus menyicipi makanan ini.

Bakakak Hayam sendiri merupakan masakan yang menggunakan bahan utama Ayam yang diberi bumbu khusus dalam cita rasannya yang kemudian diolah dengan cara dipanggang.Ayam yang disajikan merupakan satu ekor ayam utuh sehingga bisa santap untuk beberapa orang sekaligus. Bakakak Ayam bisa disajikan bersama ada dua macam pilihan sambal,seperti sambal merah dan sambal hijam.Selain sambal Bakakak Hayam juga lebih special apabila dinikmati bersama lalapan sayur.

Makanan Khas Sunda Terenak

Empal Gepuk Daging Sapi

Makanan Sunda selanjutnya adalah Empal Gepuk Daging Sapi yuk kita simak lagi pembahasan yang ini.

Pasti nama makanan ini sudah tidak asing lagi dipendengaran.Empal atau Gepuk daging sapi adalah makan yang sangat terkenal di Daerah Sunda,Jawa Barat.Makanan ini menjadi salah satu menu makanan wajib yang banyak disajikan di Restoran-restoran Sunda.Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari sayatan daging sapi yang dipukul pukul alias digepuk sampai gepeng Sahabat dan dimasak dengan lumuran bumbu bercita rasa manis.

Setelah daging gepeng dan dibumbui,proses berikutnya adalah dengan mengungkep daging hingga bumbu meresap sampai ketiap serat daging.Daging yang telah diungkap biasanya memiliki tekstur yang empuk. Setelah daging bertekstur empuk,empal akan digoreng hingga sering dan bisa langsung disantap tanpa harus digoreng lagi.Daging sapi yang sudah digoreng tadi sudah siap untuk disantap bersama nasi hangat, lalapan,sambal terasi.