Fakta Menarik Tentang Penyu

Info Galau Poker-Jalannya lambat dan cangkangnya keras,tentu Anda sudah tahu apa hewan yang dimaksud.Ya,penyu.Salah satu hewan paling tua di dunia itu masih eksis sejak zaman purbakala.

Meski demikian,keberadaan penyu harus tetap dilestarikan.Pada tahun 2000,organisasi American Tortoise Rescue (ATR) menginisiasi pemberian hari khusus untuk penyu yang diperingati setiap 23 Mei.

Inisiatif mereka simpel,yakni meningkatkan pengetahuan serta kesadaran manusia akan penyu.Selain itu,mereka juga ingin agar manusia membantu penyu tetap bertahan serta dilestarikan sebagai salah satu hewan purbakala.

Agar Anda lebih banyak tahu soal penyu,berikut fakta menarik yang bisa bikin tercengang.

Fakta Menarik Tentang Penyu

Eksis ratusan juta tahun
Agen Poker-Fosil penyu tertua di dunia diketahui berasal dari 150 juta tahun lalu.Dengan demikian,sudah sah bila penyu dibilang sebagai salah satu hewan tertua di muka bumi.Sebagai informasi,dinosaurus saja sudah punah sekira 65 juta tahun lalu!

Penyu suka menjelajah
Tidak hanya manusia,tetapi penyu juga senang travelling loh.Spesies penyu belimbing (leatherback sea turtle) bahkan bisa menjelajah hingga 16 ribu kilometer (km) dalam waktu satu tahun.Sebagai informasi saja,diameter bumi hanya 12 ribu km!

Selalu kembali ke rumah
Bandar Ceme-Sejauh-jauhnya berkelana,tentu akan kembali ke rumah juga.Bagi penyu betina,ketika sudah tiba waktunya untuk bertelur,mereka akan kembali ke tempat asal di mana mereka lahir.Telur-telur itu biasanya akan ditanam di pasir pantai.

Jago menahan napas
Spesies penyu hijau sangat jagoan untuk urusan ini.Mereka bisa berada di bawah air tanpa bernapas selama lebih dari 5 jam.Uniknya,mereka tidak bisa menyelam lebih lama dari 5 menit ketika sedang mencari makan.

Bisa sangat berat
Game Capsa-Keberadaan cangkang lazim membuat orang berpikir bahwa penyu bisa punya bobot tubuh yang sangat berat.Tidak salah memang.Penyu belimbing bahkan bisa mencapai berat badan 900 kilogram (kg).

Ratusan butir telur
Sekali bertelur,penyu betina bisa menghasilkan hingga 150 butir.Penyu betina biasanya baru bertelur sekira 2-3 tahun sekali.Telur-telur itu akan disimpan di bawah timbunan pasir pantai yang hangat selama berbulan-bulan hingga muncul tukik yang nantinya akan berenang sendiri menuju perairan.

Yang bertahan yang hidup
Perjalanan dari menetas hingga menuju laut adalah perjalanan untuk bertahan hidup bagi tukik.Tidak hanya itu.Tukik juga rentan diburu predator di laut terbuka.Maka,tidak heran dari ratusan telur,hanya belasan bahkan satuan saja yang bisa bertahan hidup hingga dewasa.

Pejantan berkelana seumur hidup
Karena hanya betina yang kembali ke sarang untuk bertelur,maka penyu jantan sudah pasti seumur hidup ada di lautan.Para pejantan itu bahkan tidak pernah keluar dari lautan.Hal tersebut menyulit kan para peneliti untuk menentukan jumlah penyu yang hidup di seluruh dunia.

Terlihat menangis
Apakah penyu punya perasaan seperti manusia?Sebenarnya tidak.Mereka memang sering terlihat menetaskan air mata.Tetapi,air mata itu berfungsi untuk menyingkirkan kandungan garam di lautan dari mata sehingga terlihat seperti menangis.Ya,kurang lebih sama dengan fungsi air mata bagi manusia,yakni untuk melindungi mata dari debu dan polusi.

Jenis kelamin berdasarkan temperatur
Keunikan ini hanya dimiliki oleh penyu.Jenis kelamin tukik ditentukan oleh temperatur di sekitar penimbunan telur.Suhu yang lebih hangat akan menghasilkan lebih banyak penyu betina, sementara suhu yang lebih dingin cenderung menghasilkan penyu jantan.

Eksistensinya terancam
Ada tujuh spesies penyu dan enam di antaranya terancam punah atau bahkan sudah tidak ada lagi.Manusia justru mengancam eksistensi penyu.Mulai dari sampah di lautan yang sering meng ganggu penyu,risiko kehilangan habitat asli,dan konsumsi telur serta daging penyu.