Fakta Tentang Gedung Sarinah

Info Galau Poker-Tahukah Anda bahwa data tahun 2017 kemarin menyebutkan jumlah gedung  pencakar langit di Indonesia mencapai sejumlah 206 gedung.Jumlah ini lebih banyak bila dibanding kan dengan yang ada di Beijing.Jakarta bahkan menempati posisi ke-19 sebagai kota dengan pen cakar langit terbanyak di dunia.

Gedung tertinggi masih dipegang oleh Gama Tower meski dalam waktu dekat akan lengser predikat nya.Yang menarik untuk dipertanyakan,gedung mana yang patut menyandang predikat sebagai pencakar langit pertama di Indonesia?Ya,Gedung Sarinah jawabannya.

Fakta Tentang Gedung Sarinah

Sarinah,Gedung Pencakar Langit Pertama di Indonesia
Agen Poker-Sarinah adalah gedung pencakar langit pertama yang didirikan di Indonesia,tepatnya pada 17 Agustus 1962.Gedung yang berlokasi di Menteng ini merupakan gedung pusat perbelanjaan yang diresmikan oleh presiden pertama Republik Indonesia,Soekarno.

Tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan,Sarinah juga merupakan mall pertama di Indonesia yang juga difungsikan sebagai gedung perkantoran.Tentu saja,sejak dahulu gedung ini menyimpan banyak fakta unik:

Pencakar Langit Kurang dari 150 Meter
Bandar Ceme-Sarinah atau Mall Sarinah adalah gedung pencakar langit dengan tinggi 74 meter dan terdiri dari 15 lantai.Jika dilihat dari tingginya,tentu gedung ini bukan termasuk pencakar langit bila merujuk pada apa yang disebutkan oleh Center of Tall Buiding and Urban Habitat (CTBUH).

Dalam CTBUH baru bisa dikatakan sebagai pencakar langit bila sebuah gedung memiliki tinggi di atas 150 meter. Tetapi sebutan pencakar langit pertama di Indonesia untuk Sarinah datang dari kondisi saat itu.Di mana saat itu belum ada bangunan setinggi 74 meter yang berhasil dibangun.

Ide Pembangunannya Datang dari Soekarno
Game Capsa-Ide pembangunan Sarinah datang langsung dari Soekarno setelah melakukan beberapa kunjungan ke berbagai negara. Di banyak negara lain,Soekarno melihat beberapa pusat perbelanjaan modern yang menyediakan berbagai kebutuhan manusia.

Dari situ Ia memiliki gagasan untuk membangun sebuah mall yang tujuannya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Jakarta dengan kualitas yang baik dan harga yang tergolong murah.maka dibuatlah gagasan membangun gedung Sarinah dengan fasilitas yang terbilang canggih saat itu.

Menariknya,keberadaan gedung Sarinah cukup membantu selama priode krisis di Indonesia.Biaya untuk pembangunan gedung tidak berasal dari rakyat,melainkan datang dari hasil rampasan perang yang dilakukan oleh pemerintah Jepang. Gedung ini diresmikan dan dibuka pada 15 Agustus 1966.

Di balik nama sarinah
Pembangunan gedung bukan untuk tujuan yang sepenuhnya komersil demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Melainkan untuk memenuhi kebutuhan rakyat sebagaimana yang dikatakan oleh Soekarno.Maka diambillah nama Sarinah.

Sebuah nama yang diambil Soekarno dari seorang pengasuh yang sangat ia cintai,Mbok Sarinah. Berdasarkan banyak literasi menyebutkan bahwa Mbok Sarinahlah yang telah mengajarkan hal penting bagi Soekarno.

Gedung Paling Maju
Selain memiliki fasilitas yang terbilang modern pada jamannya,Sarinah juga memiliki aktivitas yang terpadu.Banyak kegiatan dilakukan pada satu gedung ini.Ia menjadi pusat perbelanjaan yang modern. Segala produk disediakan oleh toko-toko yang ada di dalam Sarinah,bak pusat perbelanjaan ternama yang menghiasi kota Jakarta saat ini.

Selain berkembang sebagai pusat perbelanjaan,Sarinah juga mengembangkan berbagai jenis kegiatan perekonomian lainya. Sebut saja kegiatan ritel,eksport import,distribusi barang,sewa kantor, per hotelan,hingga jasa valuta asing berupa money changer.Kegiatan tersebut bahkan bertahan hingga saat ini.

Sarinah juga berhasil melakukan berbagai kegiatan eksport import.Beberapa jenis barang yang ber hasil di eksport misalnya furniture hingga bahan makanan mentah seperti singkong. Sedangkan pro duk yang diimpor Sarinah antara lain seperti minuman beralkohol yang saat itu hanya diproduksi oleh negara tertentu seperti Australia,Belanda dan beberapa negara di Benua Eropa lainnya.

Banyak merk dagang terkenal mengembangkan usahanya lewat Sarinah.Salah satunya adalah Bogasari.Mereka melakukan kerjasama dengan sarinah untuk melakukan distribusi produk ke ber bagai wilayah.Selain itu juga ada pabrik gula yang terkenal sampai saat ini PT Sugar Labinta untuk mendistribusikan gula ke UKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Menyediakan Ruang Perkantoran dan Hotel
Tak cuma pendistribusian barang,Sarinah juga menyediakan ruang perkantoran dan perhotelan. Sarinah menyediakan sewa gedung perkantoran.Selain itu juga bekerjasama dengan San Pacific un tuk melakukan pengelolaan perhotelan.

Kegiatan perekonomian yang dipegang Sarinah bisa bertahan sampai sekarang ini.Bahkan pusat per belanjaan Sarinah tak hanya hadir di Jakarta,melainkan juga ada Malang.

Pencakar Langit dan Mall Pertama di Indonesia
Dari sekian banyak fakta unik,kita tak boleh melupakan kenyataan bahwa Sarinah adalah pencakar langit sekaligus mall pertama yang ada di Indonesia.Mall ini didirikan ketika ekonomi sedang runtuh dan daya beli masyarakat sedang menurun.

Beberapa Kali Mengalami Kebakaran
Yang menarik,Gedung Sarinah merupakan gedung kokoh pada jamannya ternyata juga pernah meng alami kebakaran pada tahun 1984.Pada saat itu Sarinah harus menelan kerugian Rp 2,7 milyar.

Sebenarnya kebakaran juga pernah terjadi pada tahun 1980. Pada saat itu hampir tidak ada yang bisa diselematkan dari Sarinah.Seluruh isi bangunan hangus.Terakhir,kebakaran juga terjadi pada areal karaoke milik musisi Ahmad Dhani di gedung Sarinah,tepatnya pada 15 Oktober 2015.